Jumat, 15 November 2013
In:
Air Asia
,
Bukittinggi
,
Padang
,
Prudential
,
Solok Kota
,
tugas SIM
PERBANDINGAN WEBSITE PELAYANAN PUBLIK.
1.
Pelayanan pada situs pemerintah,
Dari segi penyediaan informasi, website pemerintahan kota bukittinggi ini
sudah baik. Namun, masih sebatas
penyediaan informasi satu arah saja, seperti berita. Hal ini mengindikasikan
bahwa pemerintah kota Bukittinggi baru mampu mendayagunakan sistem informasi
dalam hal publikasi saja. Belum mencakup interaksi, transaksi dan integrasi.
Disamping itu, sama sekali belum ada hal yang memudahkan masyarakat dalam
berurusan dengan pemerintah kota, misalnya ruang untuk memberikan masukan,
keluhan, ataupun pertanyaan. Berita yang
disajikanpun sudah tidak update lagi.
Penyediaan informasi di portal kota padang lebih
lengkap. Didukung dengan berita yang update, dan tampilan yang menarik. Disamping
itu, ada Shotbox untuk masyarakat yang ingin beraspirasi, tapi sayangnya cukup
ribet jika masyarakat harus punya akun dulu. Disamping itu tidak ada jaminan
atau kepastian tanggapan atas apresiasi masyarakat tersebut. Ini adalah bentuk
interaksi yang serba tanggung. Dikatakan komunikasi dua arahm, masih jauh dari
maksimal.
Portal kota Solok menyajikan informasi lebih lengkap
dari pada kedua portal sebelumnya. Tidak hanya sekedar berita saja, tapi juga
terdapat informasi dan perizinan investasi sehingga dapat mempermudah akses
bagi para calon investor. Disamping itu juga terdapat sistem informasi pegawai
yang berguna untuk mempermudah koordinasi dan pengawasan dari atasan, pun
sebaliknya. Transparansi keuangan bahkan ditempatkan pada satu tab khusus untuk
mempermudsah pengaksesan. Akan tetapi sepertinya komunikasi dua arah dengan masyarakat
juga belum maksimal.
2. Pelayanan pada situs swasta
a. Airasia.com
Melalui situs ini, pelanggan tak perlu menggunakan jasa agen perjalanan
untuk pemesanan tiket pesawat. Pelanggan dapat melihat langsung harga tiket
sesuai dengan kebutuhan, memilih tempat duduk, memilih cara pembayaran, dan
lain-lain yang dapat dilakukan selama 24 jam. Promosi yang dilakukan sangat
menarik perhatian pelanggan. Pelanggan
langsung disambut dengan pemilihan jenis penerbangan yang diinginkan, mesin
pencarian penerbangan, pencarian hotel, dan lain-lain.
b. id.blackberry.com
Situs id.blackberry.com merupakan situs yang menjadi penuntun/petunjuk
bagi para pengguna hp pintar blackberry yang ada di Indonesia. Situs ini berisi
tentang informasi umum tentang prodek yang mereka produksi, perangkat lunak
yang mereka kembangkan, aplikasi, dukungan, hingga lokasi penjualan produk
mereka sehingga konsumen dapat dengan mudah mengetahui dimana produk yang
mereka inginkan dapat diperoleh.
Padasaat kita membuka situs ini akan muncul pop up pertanyaan apakah
kita bersedia mengikuti survey yang sedang mereka lakukan. Hal ini berarti
bahwa mereka memberikan perhatian yang besar pada tanggapan pelanggan terhadap
produk yang mereka produksi.
c. Prudential.co.id
Halaman prudential.co.id lebih banyak menampilkan produk-produk yang
mereka tawarkan, dan link cepat ke produk yang dibutuhkan oleh pelanggan.
Dibandingkan situs sebelumnya, halaman ini lebih sederhana. Meski demikian,
informasi yang disajikan tidak kalah lengkap. Meski terfokus pada produk, namun
tidak melupakan hal-hal lain seperti kontak, kantor keagenan yang dapat
dihubungi nasabah, dah bahkan kesempatan berkarir,
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar